Allah Memberi Kekayaan dengan Adil

Posted on

Muhammad Abduh T.

aaf29b4e109032e2908e8c66e7027083

Hasil dari Jum’atan semoga bermanfaat…

“Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yg di kehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.”

(QS. Asy Syurra: 27)

 

Ibnu Katsir Rahimahumullah menjelaskan, ” Seandainya Allah memberi hamba tersebut rizki lebih dari yang mereka butuh, tentu mereka akan melampaui batas, berlaku kurang ajar satu dan lainnya, serta akan bertingkah sombong. “

Selanjutnya Ibnu Katsir menjelaskan, “Akan tetapi Allah memberi rizki pada mereka sesuai dengan pilihan-Nya dan Allah selalu melihat manakah yang maslahat untuk mereka. Allah tentu yang lebih mengetahui manakah yang terbaik untuk mereka. Allah-lah yang memberikan kekayaan bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya. Dan Allah-lah yang memberikan kefakiran bagi mereka yang Dia nilai pantas menerimanya.”

Ada yang Diberi kekayaan, Namun Bukan Karena Kemuliaan Mereka

Boleh jadi Allah meberikan kekayaan dalam rangka istidroj, yaitu agar semakin membuat seseorang terlena dalam maksiat dan kekufuran. Artinya disebabkan maksiat dan kekufuran yang ia perbuat, Allah beri ia kekayaan, akhirnya ia pun semakin larut dalam kekayaan tersebut dan membuat ia semakin kufur pada Allah. ia memang pantas di beri kekayaan, namun karena ia adalah orang yang durhaka. Kekayaan ini diberikan hanya untuk membuat ia semakin terlena dan bukan karena dirinya mulia.

Jadi pemberian kekayaan bukanlah menunjukan kemuliaan seseorang, namun boleh jadi adalah sebagai istidroj (yaitu untuk semakin menjerumuskannya  dalam maksiat). Sebagaimana dapat kita lihat dalam kisah musyrikin Mekkah dalam surat Al Qolam. Allah subhanahu wa ta’ala mengisahkan, “Sesungguhnya kami telah mencoba mereka (musyrikin Mekah) sebagaimana Kami telah mencobai pemilik-pemilik kebun, ketika mereka bersumpah sungguh-sungguh akan memetik (hasil)nya si pagi hari, dan mereka tidak menyisihkan hak fakir miskin , lalu kebun itu di liputi mala petaka yang datang dari Tuhanmu ketika mereka sedang tidur.” (QS. Al Qolam: 17-19), ssilahkan lihat sampai akhir kisah dalam surat tersebut.

Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di menjelaskan, “Orang-orang yang berdusta ini diuji dengan kebaikan dan harta yang melimpah untuk mereka. Mereka diberikan harta yang begitu banyak, juga diberikan keturunan, umur yang panjang, dan semacamnya yang sesuai dengan kemauan mereka. Dan pemberian ini bukanlah diberikan karena kemuliaan mereka di sisi Allah. Akan tetapi ini adalah istidroj (untuk membuat mereka semakin terlena dalam kekufuran) tanpa mereka sadari.”

Allah memberikan kekayaan sesuai dengan keadilan Allah, Dan ia pun tahu kondisi terbaik untuk seorang hamba. Namun perlu di ketahui, seseorang di beri kekayaan ada dua kemungkinan

Pertama: itulah yang Allah takdirkan karena itulah yang pantas untuknya. Jika diberi kefakiran, maka ia akan kufur pada Allah.

Kedua: Boleh jadi juga karena istidroj yaitu membuat seorang hamba semakin terlena dalam maksiat dan kekufuran. karena Allah berfirman, “Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), maka Allah akan memalingkan hati mereka.” (QS. Ash Shof: 5). Kita seharusnya mewaspadai kemungkinan yang kedua ini. jangan-jangan kekayaan yang Allah beri malah dalam rangka membuat kita semakin larut dalam maksiat, Syirik dan kekufuran.

Mariiiiii renungkannnn…………

semoga tulisan ini bermanfaat…Aminnnnnn

Menebak Sifat orang dari cara berkendara

Posted on

images (4)

Ini dari pengalaman pribadi si……

kadang di manapun tempatnya dan apapun yang terjadi di depanku selalu aku pikirkn kenapa dan apa mksud Alloh SWT menyciptakan itu smua dan mengadakn kejadian itu…..saya selalu yakin dalm hati bahwa gak ada hal sekecil appn yang Alloh ciptakan dalam dunia ini yg sia-sia, aku sangat yakin bahwa itu semua bermanfaat buat kita dan agar kita berfikir…

Tak usah berlama-lama langsung aja gan,,kadang saya lihat sifat orang dari berdasar dia memandang sesuatu atau dari cara dia berkendara atau membawa speda motor.contohnya niiii….

1. Orang yg kalo berkendara nyantai slowwwwwww….dan setiap ada lubang di jalan di hindari dan dia selalu menengok kanan dan kiri, itu bisa di artikan dia orangnya Santai Slowwwwwwww dan selalu menghindari masalah yang hanya merugikan dirinya atau sia-sia buat hidupnya dan dia orang yang sangat peduli dengan hal di sekitarnya peduli ke temannya dan lain sebagainya

2. Orang yang kalau bawa motor santai tapi semrawut kalo ada lubang hajarr aja gak peduli ama yg di sekitarnya jugaa,,, biasanya orang kek gini sifatnya semaunya sendiri jarang peduli dan jarang perhatian ama orang yag dia sayang orang tua aja dia jarang inget Biasanya siiiii…..tapi kalo dia emang Buta kan beda lagi dia santai smarwut gak peduli karna emang gak liat… cuman uda tau gak liat pake bawa motor dan orang kek gtu biasanya berkemauan keras tidak ada yg bisa menghalangi…buktinya Buta aja masih bawa motor…,hahahahahahahahahahah

3. Orang yang kalo bawa motor suka kenceng-kenceng tapi selalu bisa menghindari lubang-lubang di jalan dan tetap fokus pada apa yg di depannya,, nahh orang-orang kek gini tuuu biasanya orangnya cerdik mereka cepet sukses kalo kerja soalnya mereka berorientasi pada hasil atau tujuan yang harus dia capai dengan cepat,  dan orang-orang yg punya gaya berkendara seperti ini biasanya cerdas dalam menyelesaikan masalahnnya…cuman beda lagi kalo dia cepet-cepet karena terburu-buru mau janjian atau apa,,,kalo orang kek gtu siii beraninya kalo kepept tok mereka pinter juga kalo kepept alias THE POWER OF KEPEPET,,,contohnyaa gwee…..hahahhaahahahahaaa…

4. Orang yang kalo bawa motor suka ngebut ngawur tapi cepat sampai tujuan,, nah orang-orang kek gni dan cara berkendara kek gni biasanya cocoknya ama koruptor tuhhhhh gak peduli gimana caranya yg penting bisa cepet sampai pada tujuan dan apa yg dia harapkan…wah-wah-wahhhh jangan ditiru..cara berkendara seperti ini selain memmbahayakan pengendara lain..kalian akan di cap KORUPTOR ama yg uda baca tulisan ini selaaamaaaatttttttttttt…..huwakakkaakkakakakaakakaka….

5. Orang yg kalo berkendara gak mau nyalip di pinggir terus gak pernah ketengah jalan…nah orang kek gni ni biasanyaaa lemot dalam berfikir gak mau berkembang penakut DSB lahhhhh tp jangan salah Mereka baik hati dan tidak sombong lhoooooooo hahahahahahah…o yaaaa bisa juga lagi blz sms atau lagi telfonan kalo orang kek gtu mahhhhhhhh orang yg mnikmati hidup sekaliiii tanpa peduli apa yg terjadi hidup hanya milik mereka berduaaaa hwaakakakakakaaa……..

6. Orang yg kalo bawa kendaraan jarang pake lampu sen kalo belok..gak tau kanan kiri, dan gak tau kalo di indonesia pakenya lajur kiri, kalo ngerem mendadak gak jelas,, membahayakan orang lain, lampu merah di trobossssss… bisa di pastikannnn itu belum lulus Uji mendapatkan SIM,,,,,,,wahahhahahahahahahhaa…….

Itu sedikit pengalaman saya tentang otak saya tentang pimikiran saya dan tentang berkendara…ini tentang selengeean jangn di anggp serius itu cuman muntahan otak sayaaaaaaa yg kebanyakn berhayalllll terima kasiiihhhhhhh

TIDAK LUPA HATI-HATI DALAM BERKENDARA……

HATI-HATI SIFAT ANDA BISA SAYA TEBAK…..

Badogan KHAS PURBALINGGA !!

Posted on Updated on

mendoan2a

Badogan atau makanan khas Purbalingga, banyak si makanan khas Purbalingga

Salah satunya ada Mendoan, ada kluban, ada Soto khas Purbalingga……lebih tepatnya bukan salah satu tapi salah tiga hehehehehe……..langsung saja ini dia penampakan dari badogan khas purbalingga

1. Mendoan 

mendoan2a

Mendoan, yang awalnya dibuat dari tempe kedelai. Keistimewaan pembuatan mendoan, diproses mulai dari saat membuat tempenya, dari awal pematangan kedelai sampai pembungkusan dari daun pisang, hingga menjadi tempe kedelai. mendoan tak bisa dibuat dari sembarang tempe. Tempe mendoan adalah tempe tipis yang dibuat melebar/meluas. Untuk membuat mendoantempe harus diberi tepung yang sudah tercampur garam, ketumbar dan daun bawang. Waktu penggorengan jangan terlalu lama agar terlihat tempe mendoan, bila digoreng terlalu lama akan menjadi keripik.

2. Klubanspaceout

images (3)

Kluban biasanya si di buat dari sayur-sayuran seperti kol, kacang panjang daun singkong, taouge yg di rebus terus di kasih urap dari kelapa parut yg di campur cabe bawang merah bawang putih garam dan rempah-rempah lainnya,,,,,,Mantap kalo makannya pake Nasi yg masih panas….apalagi masih jadi bara..lebih Mantap.

3. Soto Khas Purbalingga

Soto PurbalinggaAda juga soto Purbalingga yang terkenal enak dan murah meriah. Yang membuat soto Purbalingga enak terletak pada sambalnya yaitu sambal kacang yang pedas legit, menggunakan ketupat bukan nasi, serta ditaburi suwiran daging dan remasan krupuk. Di sini setelah daging ayam disuwir untuk soto maka tulang dada digoreng kering dan disajikan sebagai lauk soto. Rasanya kering dan kriyik-kriyik, itu sebabnya disebut sroto kriyik. Selain sroto kriyik, ada juga soto yang tak kalah nikmat hanya saja ada tambahan daun melinjo atau yang biasa disebut “so” yang menambah cita rasa unik makanan berkuah ini, yang berlokasi di pusat kota yaitu berada di desa Bojong. Soto khas lainnya biasa disebut sesuai lokasinya, seperti Soto Bancar dan Soto Jatisaba dan kalau yg ini di Jamin MAKNYOOOOOOZZZZZZZ.

NAH itu beberapa dari badogan khas Purbalingga, masih banyak yg lain yg gak bisa saya jelasin satu persatu, bagi temen-temen yg ingin lebih tau dan ingin mncicipinya silahkn mampir atau singgah di kota Purbalingga…….dann semoga blog ini bermanfaat buat teman-teman,,,,,trimaksaih..

20431

UnikMenarik 10 tempat wisata di Purbalingga

Posted on Updated on

owabong1 103779

Mau liburan di Kabupaten Purbalingga, tapi bingung mau kemana. Gak usah bingung – bingung nih kami sajikan beberapa objek wisata yang ada di Daerah Purbalingga ini, diantaranya :

1 . Owabong atau Obyek wisata air Bojongsari

Disini anda dapat menikmati kesegaran mata air pegunungan dengan wahana WaterBoom, Gokar dan Fun Rafting. Lokasinya ada di Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah.

2. Desa Wisata Karangbanjar

Desa Wisata Karangbanjar terkenal dengan suasana desanya yang alami dan terdapat aneka pusat kerajinan rumah tangga.

3. Curug Silintang dan Silawang Purbalingga

Tempat Wisata yang berupa air terjun, lokasinya berada di Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

4. Purbasari Pancuran Mas

Dikenal pula sebagai RiverWorld karena memiliki koleksi ikan air tawar yang lengkap seperti Arwana, Piranha dan ikan raksasa Arapaima Gigas dari Sungai Amazon.

5.Museum Uang, Museum Wayang, Museum dan Perpustakaan Umum Daerah Poerbakawatja, Museum Reptil dan Serangga.

Selain berlibur anda juga dapat memanfaatkannya untuk belajar sejarah di museum ini.

6. Gua Lawa Purbalingga

Terletak di Desa Siwarak, Karangreja, 27 km dari Kota Purbalingga, ada batu Semar, relief Waringin Seto, Gua Dada Lawa, Pancuran Slamet, dll.

7. Kelenteng Hok Tek Tjeng Sin Purbalingga

Tempat Wisata yang berupa kelenteng Tri Dharma yang berada di Jalan Gunung Kelir, Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Kota, yang berdiri sejak 1972.

8. Kolam Pemandian Walik

Berada di Desa Walik, Kecamatan Kutasari, dan merupakan salah satu yang tertua di Purbalingga.

9. Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman Purbalingga

Tempat Wisata Purbalingga yang dibangun pada 1976 di Dukuh Rembang, Desa Bantarbarang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, yang menjadi tengara tempat lahirnya Panglima Besar Jenderal Soedirman.

10. Wana Wisata Serang Purbalingga

Lokasinya berada sekitar 5 km dari Gua Lawa, yang bisa dimasuki melalui Baturadendi Kabupaten Banyumas, atau melalui Desa Serang di Kabupaten Purbalingga.

Nah, tentukanlah dari sekarang anda akan pergi kemana, dan kunjungi tempatnya dan jangan lupa ajak sanak sodara, maupun kawan dan sahabat anda agar liburan anda menjadi lebih menarik, selamat berlibuur.

Dan yg gak kalah menarik Ada Wisata kebun Strawbery juga dan bisa metik sendiriiiii……

907147_361467333953521_832169693_n

2012-05-11 15.36.06-1

tb2

YG tertarik silhkan berkunjung…hehehehheee……………..

UnikMenarik Sejarah BoxCar Racer

Posted on Updated on

cweb-01

Box Car Racer (selanjutnya disingkat BCR) adalah sebuah band ber-genre post-hardcore yang dibentuk oleh Tom DeLonge dan Travis Barker bersama teman semasa kecil Tom, David Kennedy pada tahun 2002. BCR terkenal dengan lirik-liriknya yang lebih dalam dan dewasa dan juga sound yang berbeda dengan album-album blink-182 sebelumnya. BCR hanya bertahan 1 tahun dan hanya menghasilkan 1 album karena memang dibuat untuk mengisi waktu luang Tom dengan blink-182.
Pembentukan BCR dimulai ketika adanya pembatalan sejumlah tur blink-182 akhir tahun 2001 karena adanya serangan 11 September dan juga awal 2002 karena punggung Tom yang sakit pada waktu itu. Menurut Tom, BCR merupakan proyek iseng nya semasa libur dari blink-182. Pada awalnya band ini bernama “The Kill” sebelum berganti menjadi BCR. Box Car Racer sendiri berasal dari nama band Travis selepas SMA. Selain itu nama itu juga memiliki kesamaan dengan nama pesawat tempur yang menyerang kota Nagasaki, Bockscar.
BCR memulai merekam album pertama dan terakhir mereka pada Desember 2001 dan dibantu oleh Jerry Finn sebagai produsernya. Album ini dapat dikatakan sebagai album persembahan bagi band-band post-hardcore favorit Tom, seperti Fugazi, Quicksand, dan Refused. Menurut Tom, penyakit pada punggungnya mempengaruhi proses rekaman album ini, sekaligus mempengaruhi lirik-lirik di album ini tentang depresi karena penderitaan.
Album Box Car Racer dirilis 21 Mei 2002. Untuk mengisi bass saat tampil live, Tom merekrut Anthony Celestino. Show terakhir BCR berlangsung pada 17 Desember 2002, dan saat itu Tom menyatakan bahwa ia akan melanjutkan BCR suatu hari nanti. Selepas hiatus-nya blink-182 Tom mengatakan bahwa ada materi BCR yang masih belum terselesaikan dan beberapa dimasukkan ke album debut Angels & Airwaves, We Don’t Need to Whisper.

boxcarracer

Dan yg ingin menikmati lagunya silhkan Download  di link berikut ini.

http://www.mp3boo.com/mp3-download-boxcar-racer-boxcar-racer.htm

atau

http://id.wikipedia.org/wiki/Box_Car_Racer

UnikMenarik belajar bahasa ngapak

Posted on Updated on

images (1)

Sejarah Ngapak

Bahasa ngapak adalah bahasa yang di gunakan masyarakat karesidenan Banyumas, diantaranya : Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, purwokerto, dan Banyumas sendiri,,,tp selain karesidenan banyumas Tegal, Brebes juga masih menggunakan bahasa Ngapak, k

keterangan sedikit dari bahasa ngapak yg saya peroleh dari hasil Googling si katanya,,,,,,,

Pada dasarnya, istilah “ngapak” tidak memiliki arti yang jelas. Istilah “ngapak” diperkirakan dari Banyumas, yaitu ‘ora ngapak-ngapak’ (tidak apa-apa). Masyarakat Banyumas serta masyarakat Pesisir Utara Jawa, jika mengucapkan kata terbuka, terdengar bunyi glotal (bunyi huruf Q-red). Sehingga masyarakat Banyumas mengucapkan kata ‘ora ngapa-ngapa’ menjadi ‘ora ngapak-ngapak’.

Oleh karena itu, beberapa kalangan banyak yang menyebutkan Bahasa Banyumasan sebagai bahasa ngapak. Alasan serupa juga dilontarkan beberapa masyarakat Jawa, khususnya masyarakat tegal.

Tahap perkembangan dari dialek Banyumasan adalah: Abad ke-9 – 13 bagian dari Bahasa Jawa Kuna.
Abad ke-13 – 16 berkembang menjadi Bahasa Jawa abad pertengahan
Abad ke-16 – 20 berkembang menjadi Bahasa Jawa baru. Abad ke-20 sampai sekarang, sebagai dialek Bahasa Jawa modern.
Contoh Bahasa ngapak
Saya = Inyong/enyong/ nyong
Kamu = ko/rika
Jangan seperti itu = Aja kaya Kue
Kamu sudah makan? = ko wis madang?
Lapar = ngelih/ kencot
Marah = Gela
Gila = Gemblung
Berdiri = Njanggleng/ ngadeg
Mulut = cangkem
Melotot = mecicil
Makan = Badog/ Jelag/ Dilat/ Madang/ Dakar
itu sedikit contoh aja
bagi yang mau nanya-nanya atau mau nembak Cewek atau ngrayu pacar pake bahasa “Ngapak” dan saya saranin jangan berbahaya…..
bisa tanya atau ketik aja kata-kata yg ingin anda tanyakan di Fb saya atau Chat di Fb saya…nanti saya Translate,
terima kasih/Kessuwun
gole ndeleng aja karo mecicil ya mbok keselek sendok
o iyaaaaa
toton juga Videonyaaaaa di jamin ngapakkkkkkk